Tools Pembersih RAM Untuk Windows

Jika Anda tidak memiliki RAM “cukup” di PC Anda, maka Anda harus mencoba (atau berpikir untuk mencoba) alat pembersih RAM yang menjanjikan untuk “membebaskan” RAM dengan cepat.

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana pembersihan dan peningkatan cepat dalam RAM bekerja? Bagaimana alat inimembebaskan RAM? Apakah mereka mengalokasikan proses di tempat lain atau membunuh proses? Atau apakah mereka hanya memalsukannya?

Yah, ada banyak perdebatan yang terjadi di sekitar alat pembersih / pengoptimalan RAM, baik yang mendukung maupun yang menentang.

Pada artikel ini, saya akan mencoba menghapus kesalahpahaman tentang alat pembersih RAM.

Cara kerja RAM

Sistem operasi menggunakan RAM dan penyimpanan di dalam hard drive Anda untuk menulis dan bertukar proses.

Hampir semua sistem operasi terbaru (dirilis dalam sepuluh tahun terakhir) memiliki sistem manajemen RAM pintar untuk proses cache dan mengambil keuntungan penuh dari RAM fisik dan RAM virtual yang disimpan dalam penyimpanan hard drive.

RAM fisik berkecepatan tinggi, jadi semua proses aktif ditulis di sana .

Di sisi lain, penyimpanan hard drive sangat lambat , sehingga proses pasif dipindahkan ke sana untuk menjaga lebih banyak RAM bebas untuk menangani proses yang lebih penting atau menekan.

RAM virtual adalah yang biasanya disimpan dalam file di drive sistem Anda; itu disebut pagefile.sys di Windows dan swapfile di Mac OS X.

Saat Anda menggunakan PC, sistem operasi terus  menerus memindahkan proses yang kurang penting (yang pasif) ke RAM virtual (memori lebih lambat), dan membebaskan RAM aktual (memori lebih cepat) untuk proses penting (yang aktif).

Selain itu, OS Anda juga melakukan cache proses yang kurang penting untuk membebaskan RAM untuk operasi penting.

Anda dapat menekan Tombol Ctrl + Shift + Esc di Windows untuk membuka Task Manager dan pindah ke tab “Performance” untuk melihat semua detail mengenai RAM.

Pada Mac OS X Anda dapat menekan Command + Shift + Escape untuk membuka “Activity Monitor” dan melihat penggunaan RAM di bagian “Memory”.

tab kinerja

Cara melihat RAM berfungsi secara real-time

Anda juga dapat melihat ini terjadi secara waktu nyata, inilah yang perlu Anda lakukan:

Buka dua tab di browser Anda dengan situs web terpisah, seperti hongkiat.com di satu dan layanan email Anda di yang lain. Jika Anda beralih di antara tab-tab ini, tidak akan ada penundaan atau keterlambatan ..

Sekarang perkecil browser dan lakukan hal lain di PC Anda, misalnya, Buka File Manager dan pindahkan 2-3 folder ke lokasi lain. Setelah 10-15 detik kembali dan mencoba beralih di antara tab lagi, Anda akan melihat “ikon pemrosesan” di sebelah kursor mouse Anda (ini adalah lingkaran biru di Windows), dan mungkin ada jeda kecil juga.

Proses 1-3 detik itu menunjukkan bahwa sistem operasi memindahkan operasi dari RAM virtual ke RAM fisik.

Catatan: Jika Anda memiliki SSD dan bukan HDD, maka penundaannya harus sangat kecil, hampir tidak terlalu mencolok.

Secara keseluruhan, sistem manajemen RAM di semua sistem operasi terbaru sangat bagus dan seharusnya tidak memerlukan intervensi dari alat pihak ketiga.

Cara kerja alat pembersih RAM

Sebagian besar alat pembersih RAM meminimalkan penggunaan RAM fisik. Biasanya, mereka memindahkan semua proses ke RAM virtual dan menghapus cache RAM fisik untuk membebaskan RAM .

Segera setelah Anda memberi tahu alat pembersih RAM untuk membebaskan RAM, itu akan memberi tekanan ekstrem pada RAM fisik. Sistem operasi akan berpikir bahwa alat tersebut membutuhkan terlalu banyak RAM, dan untuk mencapai itu, ia akan memindahkan semua proses lainnya ke RAM virtual.

Setelah alat pembersih yakin bahwa semua proses telah dipindahkan ke RAM virtual, itu akan berhenti menekan dan menunjukkan kepada Anda bahwa ia telah membebaskan begitu banyak RAM. Dalam proses yang sama, itu juga akan menghapus semua data yang di-cache di dalam RAM fisik.

Untuk menggambarkan prosesnya, saya telah melakukan dua percobaan cepat, yang dapat Anda coba sendiri:

Eksperimen 1

Saya telah memilih Glary Utilities built-in “Memory Optimizer” yang dapat membebaskan hingga 90% dari total RAM. Berdasarkan tangkapan layar di bawah, penggunaan RAM saya adalah 78% -84% pada saat percobaan.

pengoptimal memori

Ketika saya mengklik “Optimalkan” untuk membebaskan RAM, alat segera mulai menggunakan 99% -100% dari RAM saya. Setelah 4-5 detik berhenti menggunakan RAM dan penggunaan RAM saya turun ke 23%!

tangkapan layar eksperimen 01
tangkapan layar eksperimen 02

Alat ini merilis sejumlah besar RAM dan rata-rata pengguna pasti akan menemukan ini membuka mata. Namun begitu selesai, semua program yang dibuka di PC saya macet dan butuh setidaknya 5-7 detik untuk bekerja lagi.

Pada tangkapan layar di bawah ini Anda dapat melihat bagaimana peramban Opera saya tidak merespons setelah menggunakan alat ini.

opera tidak merespons
Eksperimen 2

Untuk lebih membuktikan bahwa alat ini hanya mengirim proses ke RAM virtual, saya melakukan percobaan lain. Eksperimennya sama dengan yang di atas, tetapi kali ini saya yaitu saya benar-benar menonaktifkan RAM virtual.menonaktifkan “pagefile.sys” di PC Windows saya

Segera setelah saya menekan tombol “Optimize” untuk membebaskan RAM, ia kembali menggunakan 100% RAM saya dan dalam waktu kurang dari 2 detik PC saya crash dengan layar biru kematian.

Ini terjadi karena RAM virtual tidak tersedia . Karena Windows tidak punya tempat untuk mengirim proses lain, tekanan menyebabkan PC saya crash.

Mengapa alat pembersih RAM buruk

Sekarang Anda tahu cara kerja alat pembersih RAM, mari kita lihat mengapa mereka buruk .

Kita sekarang tahu bahwa alat pembersih RAM memindahkan semua proses aktif dan pasif ke RAM virtual, yang jauh lebih lambat daripada RAM fisik.

Ini berarti PC Anda akan melambat hingga sistem operasi memindahkan proses kembali ke RAM fisik lagi .

Seperti yang saya katakan pada percobaan pertama, program-program di PC saya macet selama 5-7 detik setelah penggunaan alat pembersih RAM. Dalam 5-7 detik itu sistem manajemen RAM sistem operasi sedang mencoba untuk memperbaiki kesalahan alat pembersih RAM dan memindahkan semua proses kembali ke RAM fisik.

Selain itu, karena alat-alat ini juga menghapus data cache di dalam RAM, itu juga akan memakan waktu lebih lama bagi Anda untuk memuat program yang baru saja ditutup atau diminimalkan.

Di mana alat pembersih RAM bekerja

Tidak ada banyak keuntungan untuk membebaskan RAM, tetapi mungkin membantu merawat program dengan masalah kebocoran memori .

Masalah kebocoran memori hanya berarti bahwa memori dialokasikan untuk program tertentu tetapi tidak digunakan oleh program atau dirilis pada saat program dihentikan. Memori ini tidak dapat dibilas oleh sistem operasi.

Anda harus me-restart PC atau menggunakan alat pembersih RAM untuk mendapatkannya kembali. Jika RAM PC Anda diisi bahkan ketika tidak ada program atau proses yang sedang berjalan, itu bisa juga merupakan kebocoran memori.

Pembersih RAM vs. Manajer RAM

Saya yakin banyak pembaca akan berpendapat bahwa pembersih memori seperti CleanMem , Wise Memory Optimizer atau Memory Cleaner memang mempercepat PC. Masalahnya, program seperti CleanMem bukan alat pembersih RAM.

Mereka lebih merupakan manajer RAM yang bekerja berdampingan dengan sistem manajemen memori bawaan Windows.

Alat-alat ini memaksa Windows untuk berhenti memindahkan proses pasif saat ini ke memori virtual (pagefile.sys) dan alih-alih memindahkannya ke cache di dalam RAM sebagai proses “Siaga”.

Cache jauh lebih cepat untuk membersihkan atau memulihkan data dibandingkan dengan memori virtual yang memiliki kecepatan baca / tulis yang lambat.

Oleh karena itu, alat ini melakukan kecepatan bantuan PC sebagai proses pasif sekarang sedang membaca dari cache bukan memori virtual.

Jika Anda kekurangan RAM, maka alat seperti CleanMem pasti akan mempercepat PC (saya menggunakannya selama lebih dari setahun sekarang). Di sisi lain, alat pembersih memori akan fokus pada memindahkan proses ke memori virtual, yang buruk untuk PC.

You may also like...